-->

KEUNTUNGAN SOLAR TRACKING DIBANDING FIX SOLAR CELL BAG.1 (PENDAHULUAN)




Pendahuluan
       Keunggulan energi matahari dibandingkan dengan sumber energi lainnya adalah tidak bersifat polutif, berlimpah, terbarukan, tidak pernah habis. Energi matahari dapat dimanfaatkan dengan menggunakan suatu tranduser berupa panel surya yang mampu menerima dan mengkonversikannya menjadi energi listrik.

       Seperti yang kita ketahui solar cell adalah suatu tranduser yang mampu mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Permasalahan yang terjadi sekarang adalah panel surya yang banyak digunakan, diketahui bahwa dipasang secara statis (fix solar cell), hal ini menyebabkan penerimaan energi matahari tidak optimal. Oleh karana itu, perlu dibuat suatu sistem yang dapat  memaksimalkan kinerja dari solar panel dengan mengikuti arah pergerakan matahari.
Solar Tracker
Bagaimana prinsip kerja tracker surya?
       Sistem tracker surya mengarahkan panel surya ke arah matahari. Perangkat ini mengubah orientasi mereka sepanjang hari untuk mengikuti jalur matahari guna memaksimalkan penangkapan energi.
       Dalam sistem fotovoltaik, pelacak membantu meminimalkan sudut insiden (sudut yang dibuat oleh sinar cahaya dengan garis tegak lurus terhadap permukaan) antara cahaya yang masuk dan panel, yang meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan panel surya. Fotovoltaik surya terkonsentrasi dan panas matahari terkonsentrasi memiliki optik yang secara langsung menerima sinar matahari, sehingga pelacak surya harus miring dengan benar untuk mengumpulkan energi. Semua sistem surya terkonsentrasi memiliki pelacak karena sistem tidak menghasilkan energi kecuali diarahkan dengan benar ke arah matahari.

Pelacak surya sumbu tunggal berotasi pada satu sumbu yang bergerak maju mundur dalam satu arah. Berbagai jenis pelacak sumbu tunggal termasuk horisontal, vertikal, miring, dan polar sejajar, yang memutar sebagai nama menyiratkan. Pelacak dual-axis terus menghadapi matahari karena mereka dapat bergerak dalam dua arah yang berbeda. Jenis termasuk tip-tilt dan azimuth-altitude. Pelacakan sumbu ganda biasanya digunakan untuk mengarahkan cermin dan mengarahkan sinar matahari sepanjang sumbu tetap menuju penerima stasioner. Karena pelacak ini mengikuti matahari secara vertikal dan horizontal, mereka membantu memperoleh generasi energi matahari maksimum.

Ada juga beberapa metode mengemudi pelacak surya. Pelacak pasif bergerak dari cairan gas terkompresi yang digerakkan ke satu sisi atau yang lain. Motor dan roda gigi melatih pelacak surya aktif langsung melalui pengendali yang merespon arah matahari. Akhirnya, pelacak kronologis melawan rotasi Bumi dengan berputar ke arah yang berlawanan.

Memilih pelacak surya tergantung pada ukuran sistem, tarif listrik, kendala lahan, insentif pemerintah, garis lintang dan cuaca. Skala utilitas dan proyek besar biasanya menggunakan pelacak horisontal horizontal sumbu tunggal, sementara pelacak sumbu ganda sebagian besar digunakan dalam aplikasi perumahan kecil dan lokasi dengan Feed-In-Tariffs pemerintah yang tinggi. Pelacak sumbu vertikal cocok untuk lintang tinggi karena sudutnya yang tetap atau dapat disesuaikan.

Penggunaan pelacak surya dapat meningkatkan produksi listrik sekitar sepertiga, dan beberapa klaim sebanyak 40% di beberapa wilayah, dibandingkan dengan modul pada sudut tetap. Dalam aplikasi matahari, efisiensi konversi ditingkatkan ketika modul terus disesuaikan ke sudut optimal saat matahari melintasi langit. Karena peningkatan efisiensi berarti peningkatan hasil, penggunaan pelacak dapat membuat perbedaan yang cukup besar terhadap pendapatan dari pabrik besar. Inilah mengapa instalasi solar skala-utilitas semakin banyak dipasang pada sistem pelacakan

Namun demikian, beberapa kerugian pelacak surya. Menambahkan sistem pelacak matahari berarti menambahkan lebih banyak peralatan, bagian yang bergerak dan roda gigi, yang akan membutuhkan perawatan dan perbaikan rutin atau penggantian suku cadang yang rusak. Juga, jika sistem pelacak matahari rusak ketika panel surya berada pada sudut yang ekstrim, hilangnya produksi hingga sistem berfungsi kembali dapat menjadi substansial. Pelacak surya juga lebih rentan rusak dalam badai daripada panel yang sebenarnya.

Juga ada masalah dengan garansi. Sistem fixed-solar yang akan berlangsung 30 tahun biasanya dilengkapi dengan jaminan kinerja daya selama 25 tahun. Tetapi sistem yang dilacak oleh matahari hanya dilengkapi dengan garansi 5 hingga 10 tahun.  

LihatTutupKomentar